Simulasi Penggunaan APAR PT Putra Nugraha Sentosa

Jul 24 2024
amalia

Rabu, 24 Juli 2024 – APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api kecil atau mengendalikan kebakaran kecil. APAR pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Penggunaan Alat Pemadam Api Sederhana (APAR) merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh seluruh pekerja di berbagai sektor. Pada hari Jumat, 19 Juli 2024, PT Putra Nugraha Sentosa mengadakan simulasi penggunaan APAR di lingkungan perusahaan.

Pelaksanaan simulasi tersebut dipimpin oleh Husen Muhammad Assrofi selaku General Affair dengan difasilitasi oleh tim dari CV. Cipta Perdana dan melibatkan perwakilan tiap divisi. Diikuti dengan kurang lebih 35 orang perwakilan, simulasi dimulai pada sore hari di Hall C.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan APAR, jenis-jenis APAR, tipe-tipe kebakaran dan tata cara penggunaan APAR. Para peserta simulasi menyimak penjelasan dengan sungguh-sungguh.

Setelah penjelasan yang dipaparkan oleh fasilitator APAR, dilakukan simulasi kebakaran dan fasilitator memberikan contoh untuk kemudian diperagakan oleh peserta. Hal ini dilakukan agar peserta memiliki gambaran tentang penggunaan APAR agar tidak panik ketika kebakaran terjadi.

Simulasi kebakaran dilakukan di Hall C dan beberapa peserta diminta untuk memperagakan cara memadamkan kebakaran menggunakan kain basah dan APAR.

PT Putra Nugraha Sentosa selalu berusaha untuk menanamkan sikap siaga bencana dalam pekerjaan, hal ini dilakukan untuk melindungi keselamatan pekerja serta hak-hak pekerja. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta mengetahui tentang APAR, jenis-jenis APAR, tipe-tipe kebakaran serta cara penanggulangan kebakaran dengan menggunakan APAR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *